Selasa, 15 November 2011

Mengenal sepeda bambu made in Zambia

Sobatsepeda, kali ini kami sampaikan sebuah sepeda yang cukup unik yang berbahan frame dari bambu made in Zambia, keluaran sebuah perusahaan lokal yang bernama Zambike yang didirikan pada tahun 2007 yang berhasil mengurangi angka pengangguran disana selain membantu memenuhi kebutuhan akan alat transportasi dinegara itu.Dan dalam waktu yang sama pula berhasil menambah populasi pengguna sepeda dinegara itu yang merupakan moda sarana transpoertasi yang cukup krusial di Zambia. Menjadi Zambikes International pada tahun 2010 , menyediakan berbagai frame sepeda berbahan bambu yang cukup berkwalitas dengan berbagai type untuk didistribusikan keseluruh dunia. Bambu adalah bahan yang cukup ulet dan ringan sebagai pengganti dari bahan metal. Dimana setiap sepeda yang terjual dapat menggaji lebih dari 40 pekerja di Zambia, beberapa yang memanfaatkan tenaga kerja formal untuk menghidupi kebutuhan keluarga mereka yang berjumlah lumayan banyak. Di Zambia terdapat lebih daro 50% angka pengangguran, jadi mereka sangat membutuhkan pekerjaan formal sebagai aspek penting untuk membangun kehidupan ekonomi serta sosial mereka.

Salah satu perusahaan yang berperan sangat besar bagi kemajuan bangsa Zambia , Zambikes International sangat membantu meningkatrkan taraf hidup masyarakat sekitarnya dengan bekerja dan menghasilkan uang sehingga memberikan mereka kesempatan untuk hidup lebih mandiri dan benar-benar memberikan suatu perbedaan besar. Para pekerja Zambikes melakukan berbagai macam pekerjaan dari perakitan sepeda , manufakturing sparepart sepeda dan menawarkan perawatan serta perbaikan. Dan seluruh profit yang dihasilkan oleh Zambikes akan di reinvestasikan kembali kedalam perusahaan atau kedalam comunity project yang dijalankan oleh partner mereka dalam sebuah kegiatan organisasi non-profit. Sebagai contoh, mereka bekerja sama dengan sebuah organisasi microfinance pada sebuah daerah sehingga dapat melayani peminjaman untuk pembelian sebuah sepeda(wicak)

Zambikes memiliki 2 model spesial yang menjadi andalan mereka yang cukup inovatif antara lain the Zamcart dan the Zambulance. The Zamcart dibuat khusus untuk tujuan bisnis kecil, untuk usahawan partikelir yang bekerja di pasar dan di bertani. mungkin dapat dibandingkan dengan gerobak tetapi lebih lincah dan efisien.dan setiap Zamcart sangat mudah membawa beban dengan kemampuan angkut maksimal sekitar 250 Kg . Mungkin yang ini lebih penting dari Zamcart, adalah the Zambulance , yang tentunya berfungsi seperti nama kedengarannya. The Zambulance, yang sengaja dibuatkarena kurangnya sarana transportasi menuju rumah sakit atau pun klinik , yang dilengkapi semacam tandu yang dipasang pada bagian belakang sepeda sehingga dapat mengangkut orang sakit untuk dibawa kerumah sakit dengan relatif nyaman dan mudah(wicak)

Sebuah kegiatan sosial yang cukup terpuji telah dilakukan sebuah perusahaan Zambike yang dapat memecahkan kebuntuan atas beberapa masalah sosial yang terjadi disekitarnya seperti pengangguran dan transportasi . Lebih jauh lagi , yang merupakan sebuah bisnis berkelanjutan yang sepertinya berjangka panjang dalam kancah pasar dunia

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar