Selasa, 05 Oktober 2010

Berlian Merah Muda Dibanderol Rp339 M

Sebuah berlian berwarna merah muda dan sangat langka ini akan segera dilelang, harganya pun sangat fantastis berkisar 24 juta poundsterling atau sekira Rp339 miliar.

Batu berharga dengan ukuran 24,87 karat ini dipotong dengan bentuk segi empat dan setiap sudutnya berbentuk bulat.

Batu berharga ini dikategorikan oleh Gemacological Institute di Amerika sebagai "batu merah mudah yang kuat dan mewah" tipenya pun digolongkan sebagai lla, yang artinya di atas dua persen dari berlian di dunia.

Berlian tersebut dijual kepada Harry Winston selama 60 tahun dan selama ini menjadi koleksi pribadi.

Saat ini berlian tersebut dipamerkan di Hong Kong dan akan melakukan tur keliling dunia sebelum akhirnya dilelang di rumah lelang Sotheby di Jenewa.

Berlian tersebut diperkirakan memiliki kisaran harga 17 juta poundsterling hingga 24 juta poundsterling, per karatnya sekira satu juta pounds atau sekira Rp14 miliar.

Rekor untuk berlian termahal saat ini adalah Bintang Josephine yang dijual melalui lelang, berlian seberat 7,03 karat ini terjual pada bulan Mei 2009 di Sotheby dengan harga enam juta pounds.

"Selama 35 tahun saya bekerja, saya memiliki kesempatan untuk meneliti batu yang mengagumkan dan sangat langka," ujar David Bennet dari Sotheby.

Jika nantinya berlian itu terjual, maka akan menempati posisi teratas dari 10 berlian termahal di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar