Senin, 05 Oktober 2009

Di Atas KA Nusantara Masinis Itu Menikah

Seorang masinis kereta api, Agus Riadi (26), melangsungkan pernikahan dengan Rara Saraswati (25) di atas gerbong kereta wisata KA Nusantara dalam perjalanan Cirebon ke Brebes pulang-pergi dengan jadwal keberangkatan pukul 11.20 WIB, Senin (5/10).

Humas PT KAI Daop III Rudi Efendi didampingi Wakil Kepala Stasiun Besar Cirebon M Soleh kepada wartawan di Cirebon, Senin, mengatakan, peristiwa pernikahan di atas gerbong yang sedang berjalan itu merupakan yang pertama kali di Indonesia.

Agus Riadi selama ini adalah masinis KA yang bertugas di Cirebon, dan biasa membawa KA Cirebon Ekspres dan KA Argojati tujuan Jakarta.

Menurut Rudi, KA Nusantara adalah KA khusus wisata yang dapat disewa oleh siapa saja. "Kebetulan hari ini, masinis kita yang nikah dan sekalian sebagai ajang promosi bahwa KA tersebut boleh disewa oleh siapa saja," katanya.

KA Wisata yang merupakan gerbong khusus berkapasitas puluhan orang didekorasi sedemikian rupa dengan fasilitas luks. Dikatakannya, KA tersebut disewakan dengan harga Rp 8.250.000 dalam sekali jalan. "Kendati yang nikah adalah masinis tetap bayar," katanya.

KA Nusantara yang dirangkai dengan dua gerbong eksekutif tersebut bisa mengangkut sekitar 300 orang. "Bagi yang mau nikah bisa menggunakan KA tersebut, dan dibanding sewa gedung harga bersaing," katanya.

Menurut dia, perjalanan dari Cirebon ke Brebes adalah satu jam 10 menit sehingga dibutuhkan waktu lebih dari tiga jam untuk menempuh perjalanan pulang dan pergi.

Dalam prosesi pernikahan, waktu tersebut sudah cukup ditambah dengan resepsi pernikahan di atas gerbong dalam perjalanan, katanya pula. "Oleh karena ini merupakan prosesi pernikahan pertama dilakukan di atas kereta, kami sudah menghubungi MURI, guna dicatatkan sebagai salah satu rekor," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar